Buku Konsep dan Pedoman Penguat Pendidikan Karakter

Buku Konsep dan Pedoman Penguat Pendidikan Karakter kami bagikan pada kesempatan artikel kali ini dengan tujuan agar setiap orang yang berada pada jalur pendidikan bisa memahami dan memiliki Buku Pedoman Penguat Pendidikan Karakter ini secara lengkap. Penguatan karakter bangsa menjadi salah satu butir Nawacita yang dicanangkan Presiden Joko Widodo melalui Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Komitmen ini ditindaklanjuti dengan arahan Presiden kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengutamakan dan membudayakan pendidikan karakter di dalam dunia pendidikan. Atas dasar ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencanangkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) secara bertahap mulai tahun 2016. Penguatan Pendidikan Karakter bukanlah suatu kebijakan baru sama sekali karena sejak tahun 2010 pendidikan karakter di sekolah sudah menjadi Gerakan Nasional. Satuan pendidikan menjadi sarana strategis dan dukungan ekosistem pendidikan yang tersebar di seluruh Indonesia mulai dari perkotaan sampai pedesaan. Sudah banyak praktik baik yang dikembangkan sekolah, namun masih banyak pekerjaan rumah yang harus dituntaskan untuk memastikan agar proses pembudayaan nilai-nilai karakter berjalan dan berkesinambungan. Selain itu, sangat diperlukan kebijakan yang lebih komprehensif dan bertumpu pada kearifan lokal untuk menjawab tantangan zaman yang makin kompleks, mulai dari persoalan yang mengancam keutuhan dan masa depan bangsa sampai kepada persaingan global. Kebijakan ini akan menjadi dasar bagi perumusan langkah-langkah yang lebih konkret agar penyemaian dan pembudayaan nilai-nilai utama pembentukan karakter bangsa dapat dilakukan secara efektif dan menyeluruh.
Pedoman Penguat Pendidikan Karakter

Penguat Pendidikan Karakter (PPK)

Beberapa dimensi penilaian yang dapat digunakan untuk melakukan monitoring dan evaluasi adalah sebagai berikut:
1. Materi
Materi adalah segala bahan, dokumen atau panduan yang digunakan untuk memperlancar pelaksanaan program atau kegiatan PPK.
2. Metode
Metode adalah segala aktivitas dalam kegiatan atau program yang diadakan dalam menyebarluaskan kemampuan atau informasi mengenai Penguatan Pendidikan Karakter. Terdapat delapan kegiatan
atau aktivitas yang teridentifikasi masuk ke dalam metode yaitu sosialisasi PPK, komunikasi PPK, Pelatihan Calon Fasilitator (PCF),
pelatihan PPK
3. Mendapatkan informasi tentang adanya kesulitan-kesulitan dan hambatan-hambatan selama pelaksanaan program Penguatan Pendidikan Karakter;
4. Menilai keberhasilan pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter;
5. Menentukan kendala dan hambatan dalam pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter; dan
6. Mengidentifikasi sustainability program Penguatan Pendidikan Sasaran pelaksanaan evaluasi program PPK adalah sekolah-sekolah yang melaksanakan kegiatan PPK. Sedangkan sasaran evaluasi jenis kegiatan program PPK.

Untuk lebih lengkap dan jelas mengenai isi dari Buku Konsep dan Pedoman Penguat Pendidikan Karakter (PPPK) ini silahkan langsung saja Bapak dan Ibu download file lengkapnya pada link yang telah kami sediakan di bawah ini:

Demikian Konsep dan Pedoman Penguat Pendidikan Karakter yang dapat kami bagikan pada Artikel kali ini, semoga isi dari Artikel kali ini mengenai Buku Konsep dan Pedoman dapat memberikan manfaat sesuai dengan kebutuhan dan pencarian Anda mengenai Buku Konsep dan Pedoman Penguat Pendidikan Karakter.

Belum ada Komentar untuk "Buku Konsep dan Pedoman Penguat Pendidikan Karakter"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel